Tuesday, 28 June 2011

In House Training dan Workshop KTSP 2011-2012


A. LATAR BELAKANG

Berdasarkan Peraturan menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 TAHUN 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Tenaga pendidik, pasal 1 : ayat 1 dan 2 yakni (pasal 1), Setiap tenaga pendidik wajib memenuhi standar kualifikasi akademik dan kompetensi tenaga pendidik yang berlaku secara nasional. (pasal 2) Standar Kualifikasi akademik dan kompetensi tenaga pendidik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tercantum dalam Lampiran peraturan Menteri yang dijabarkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 tahun 2007 tanggal 4 mei 2007, diantaranya yaitu kompetensi dalam ; menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu ; menentukan tujuan pembelajaran yang diampu; memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran ; menata materi pembelajaran secara benar dan sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik ; mengembangkan indikator dan instrument penilaian dan menyusun rancangan pembelajran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan, maka SMK Pasundan 1 Bandung dituntut memiliki tenaga pendidik – tenaga pendidik dengan kriteria tersebut.

Setelah mengetahui bahwa belum semua tenaga pendidik di SMK Pasundan 1 Bandung menyusun Administrasi tenaga pendidik dengan sempurna, serta menganalisa beberapa sampel administrasi Tenaga pendidik yang disusun oleh para tenaga pendidik Mata Pelajaran, kami dapat mengetahui bahwa kemampuan tenaga pendidik, terutama dalam salah satu unsur Kompetensi Pedagogik perlu untuk mendapat penyegaran. Hal ini sangat diperlukan mengingat Pemerintah melalui kementrian Pendidikan Nasional telah mengeluarkan kebijakan-kebijakan baru dalam kurikulum. Selanjutnya untuk memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana menyusun Administrasi tenaga pendidik di kelas serta sinkronisasi dengan kebutuhan kompetensi di dunia kerja, kami telah mengadakan sebuah kegiatan In House Training dan Workshop .


B. TUJUAN
Kegiatan In House Training bertujuan untuk :
1. Meningkatkan kemampuan tenaga pendidik dalam mengaplikasikan Kurikulum di SMK Pasundan 1 Bandung Tahun Pelajaran 2011-2012.
2. Meningkatkan kemampuan tenaga pendidik dalam menyusun admministrasi tenaga pendidik yang akan diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas.
3. Meningkatkan wawasan tenaga pendidik tentang kompetensi lulusan yang dibutuhkan di Dunia Usaha dan Dunia Industri.

C. NAMA DAN BENTUK KEGIATAN
Nama Kegiatan : “In House Training Kurikulum SMK Tahun Pelajaran 2011 – 2012”
Bentuk kegiatan : In House Training dan Workshop


D. PESERTA
In House Training dan Workshop diikuti oleh semua tenaga pendidik SMK Pasundan 1 Bandung.

E. HASIL YANG DIHARAPKAN
Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan In House Training ini adalah tersusunnya Dokumen Administrasi Tenaga Pendidik untuk KTSP Tahun Pelajaran 2011- 2012, juga diharapkan dari kegiatan ini SMK Pasundan 1 Bandung akan memiliki tenaga pendidik yang berpengetahuan luas tentang kompetensi yang diperlukan lulusannya di Dunia Usaha dan Dunia Industri .

F. MANFAAT
Kegiatan In House Training dan Workshop ini akan bermanfaat bagi para peserta pada umumnya dan khususnya bagi SMK Pasundan 1 Bandung mengingat sekolah sedang mengahadapi Penilaian Akreditasi Sekolah, dimana sangat terkait dengan standar pelayanan dan profesionalisme.


G. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Waktu : Senin – Selasa , 27 -28 Juni 2011 Jam 07:30 s/d 17:00
Tempat : Ruang 14,15,16 SMK Pasundan 1 Bandung

PANITIA PELAKSANA IN HOUSE TRAINING DAN WORKSHOP KURIKULUM SMK
TAHUN PELAJARAN 2011-2012


PENANGGUNG JAWAB : Kepala SMK Pasundan 1 Bandung
PENGARAH : Dra.Hj.Mutiara
Drs.Syamsu Alam Tirham,MM.
Drs.Agus Syarif
Drs. H. Kusmo Suwondo
Drs.Kadarusman

KETUA : Istafiani Ambarwati,S.Ag.
SEKRETARIS : Fikri Rahadian, S.Pd.
BENDAHARA : Sutisna
KESEKRETARIATAN : Nana Arfan
KONSUMSI : Staff Tata Usaha
SEKSI ACARA : Dadan Suwardan, S.Pd.
SEKSI DOKUMENTASI : Drs.Ahmad Supantar
SEKSI HUMAS : Ade Suwinda, S.Pd.
PEMBANTU UMUM : Staf Tata Usaha


Jadwal Kegiatan

Senin, 27 Juni 2011

Sesion 1 : 09:00 - 10:30 Upacara Pebukaan (Opening Ceremony)
- Pembukaan
- Pembacaan Ayat Suci Al.Quran
- Sambutan dari Kepala Sekolah, Drs.H.Supardi,M.Si
- Sambutan dari Kabid PSMAK Dinas Pendidikan Kota Bandung
- Sambutan dari Ketua YPDM (diwakili Ketua PSMAK YPDM Pasundan)sekaligus membuka IHT dan workshop
- Penutup
Sesion 2 : Materi 10:45 17:00
1. Dr.T. Subarsyah, S.H, S.Sos.,Sp1 tentang Dinamika Pembelajaran
2. Drs. Sumaryono (Korwas Dinas Pendidikan Kota Bandung)tentang KTSP / Analisa Konteks.
3. Drs. Edi Kusdiana (Litbang SMK Pasundan 1 Bandung) tentang Analisa ,Pemetaan SK-KD dan Silabus

Selasa, 28 Juni 2011
08:30 - 10:00 Materi Sinkronisai Kurikulum dari Dunia Usaha dan Dunia Industri (IAI,ISI, dan Aprindo Jawa Barat)
10:00 - 17:00 Penyusunan Kelengkapan Administrasi Guru Th.2011-2012 yang dilengkapi dengan Penerapan 18 Karakter Bangsa Indonesia, yakni :
1. Religious
2. Jujur
3. Toleransi
4. Disiplin
5. Kerja keras
6. Kreatif
7. Mandiri
8. Demokratis
9. Rasa ingin tahu
10. Semangat kebangsaan
11. Cinta tanah air
12. Mengharagai prestasi
13. Bersahabat/komunikatif
14. Cinta damai
15. Gemar membaca
16. Peduli lingkungan
17. Peduli social
18. tanggungjawab


Edited by Istafiani Ambarwati,S.Ag.

No comments:

Post a Comment